Resep komplit gudeg jogja


Kalau teman teman kebetulan tinggal di daerah Jogja dan sekitarnya, mungkin lebih mudah dan praktis untuk membeli makanan ini daripada membuatnya. Tetapi buat teman teman yang tinggal di luar kota Jogya dan kebetulan kangen akan masakan dari buah nangka muda ini, tentu saja cara terbaik untuk mengobatinya adalah membuat Gudeg dengan cita rasa Jogja sendiri di rumah. Jangan khawati, cara membuat Gudeg ini cukup sederhana kok. Bahan bahan nya pun dengan mudah didapat di pasar pasar tradisional sekitar rumah
kita.RESEP GUDEG NANGKA ENAK KOMPLIT ASLI DARI JOGJA/ YOGYAKARTA
Gudeg (gudheg) adalah makanan khas dari Jogjakarta/ Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, disajikan dengan nasi, kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Tetapi dibalik rasanya yang enak, ternyata dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini.
1. GUDEG NANGKA :
Bahan dan bumbu :
1 kg nangka yg tidak terlalu muda, potong-potong
12 btr telur rebus ( kupas kalau ingin bumbunya lebih meresap )
1000 cc air kelapa atau 1 sdt cuka
10 lbr daun salam
8 iris lengkuas ½ x 8cm yg diiris menurut panjangnya
200 gr gula merah, iris halus
2000 cc santan, bikin dari 1 butir kelapa
Haluskan :
15 siung bawang merah
10 siung bawang putih
4,5 sdt ketumbar
garam secukupnya
CARA MEMBUAT DAN MEMASAK GUDEG JOGJA ASLI DAN KOMPLIT :
Siapkan panci yang beralas tebal, alaskan daun salam di dasar panci lalu letakkan di atasnya irisan lengkuas. Kemudian masukkan berturut turut potongan nangka muda, telur rebus, dan gula merah.
Campur bumbu halus dengan 500 cc air kelapa atau cuka, aduk rata hingga larut lalu siramkan ke dalam panci.
Tambahkan air kelapa secukupnya sebatas tinggi nangka dan telur menjadi agar terendam. Tutup panci rapat-rapat, masak diatas api sedang dan jangan dibuka dulu tutupnya sebelum 2 jam. Setelah 2 jam, buka tutupnya. Jika airnya sudah sedikit, angkat dulu telurnya dan sisihkan sementara agar tidak hancur.
Masukkan santan, aduk-aduk dengan sendok kayu sambil menghancurkan potongan nangka. Masukkan kembali telurnya sampai sedikit terkubur dalam nangka.
Kemudian masak lagi dengan api kecil sambil diaduk sesekali sampai matang selama sekitar 3½ jam atau sampai santan habis dan gudeg berwana coklat kemerahan.
Siramkan areh/ kuah opor ayam kental di atas gudeg nangka ini secukupnya pada saat dihidangkan.

2 comments: