Ayam goreng serundeng gurih original


Sudah pernah mencoba lezatnya ayam serundeng kelapa? Untuk kalian para pecinta ayam, sajian yang satu ini sangat sayang untuk dilewati. Rasanya yang enak dijamin akan membuat kalian ketagihan. Jangan khawatir kesusahan mencari makanan ini,
karena kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat ayam serundeng yang sudah pasti nikmat.
Jadi, kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari penjualnya, karena penulis akan mengajak kalian untuk melatih skill memasak kalian dengan membuat ayam serundeng di dapur kalian sendiri
1. Langkah awal, anda bisa memotong ayam menjadi 10 bagian atau sesuai selera anda. Lalu, cuci ayam hingga bersih.
2. Selanjutnya, haluskan bahan-bahan bumbu seperti :
bawang merah 3 butir
, bawang putih 3 siung
kunyit 2 cm
kemiri 2 butir
ketumbar 1/2 sdt
garam  1 sdm
dan gula merah iris iris 1 sdm
serai 1 batang memarkan
jahe 1 cm dan lengkuas 1 cm silakan dimemarkan.
3. Jika sudah, berikutnya siapkan air dalam wajan. Kemudian masukan ayam dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan air kelapa, daun salam, serai, jahe dan lengkuas.
4. Silakan rebus / ungkep ayam tersebut hingga bumbu meresap dan ayam terasa empuk / matang. Saat diungkep, silakan aduk-aduk ayam tersebut, agar bumbu tercampur. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan.
5. Sekarang masukan kelapa parut ke dalam wajan bekas ungkepan ayam. Aduk-aduk agar bumbu menempel.
6. Langkah berikutnya, panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Kemudian goreng ayam hingga setengah matang. Tambahkan kelapa parut ke dalam penggorengan dan goreng kembali ayam hingga menguning / matang. Aduk-aduk agar ayam dan kelapa tercampur. Angkat dan tiriskan.
Selesai, anda pun sekarang sudah bisa menghidangkan menu masakan ayam goreng serundeng untuk keluarga tercinta.
Nah! Mudah, bukan? Membuat ayam goreng sendiri di rumah. Ayam goreng serundeng ini merupakan salah satu masakan yang sangat disukai oleh berbagai kalangan. Semoga resep dan cara membuat ayam goreng serundeng ini bisa bermanfaat untuk anda salam.

No comments:

Post a Comment