Resep ayam nasi kebuli asli


Resep Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam, Bahan bahan membuat nasi kebuli ayam enak, tips cara membuat nasi kebuli ayam sederhana. Bagi Masyarakat Keturunan Arab Timur Tengah, kuliner yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, yaitu nasi kebuli. Dimana cita rasa dari nasinya itu memiliki aroma yang khas dikarenakan berasal dari perpaduan dari bermacam-macam
rempah yang di gunakan. Nasi kebuli yang terkenal dari Arab biasanya menggunakan daging kambing serta tambahan buah kurma atau kismis yang merupakan ciri khas dari nasi kebuli ini. Selain itu nasi kebuli juga menggunakan santan sebagai bumbu tambahan selain rempah-rempah, dimana santan ini dapat menciptakan rasa yang gurih sehingga membuat ketagihan bagi siapa saja yang menyantapnya. Saat ini banyak restoran-restoran atau rumah makan khas masakan Arab yang menyediakan menu nasi kebuli ini. Namun bukan berarti resep ini tidak bisa kita buat sendiri di rumah dengan bahan serta cita rasa yang bervariasi sesuai dengan selera kita.
Baiklah pada kesempatan kali ini, kita akan membuat resep nasi kebuli dengan bahan utama daging kambing kita ganti dengan daging ayam. Jadi buat kalian yang mungkin tidak suka dengan daging kambing dapat mencoba resep ini.
Resep Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam yang Enak dan Bergizi
Bahan-bahan :
1 kg beras
1 buah bawang bombay ukuran sedang
1 bonggol bawang putih
daun salam
daun sereh
2 sdt garam
1 sdm kapulaga hijau
1/2 sdt pala bubuk
1 ruas jari jahe
5 cm kayumanis
1/2 sdt cengkeh bubuk
1 buah tomat
garam dan gula
1 ekor ayam potong sesuai selera (saya potong 10)
Cara Membuat Nasi Kebuli Arab :
1. Iris bombay, bawang putih, jahe. tumis dan masukan juga daun salam dan bombay.
2. Setelah maatang tumisan, masukan kapulaga, kayumanis, cengkeh, pala, garam ,gula, dan tomat. aduk-aduk sebentar.
3. Masukan ayam dan masak dengan tumisan bumbu. aduk-aduk sampai berubah warna dan tambahkan air. masak sampai matang. tambahkan air bila perlu.
4. Angkat ayam bila sudah matang. sisa merebus ayam dipakai untuk memasak nasi. Lebih enak lagi jika ayam digoreng.
5. Air sisa rebusan ayam ditambahkan garam masala, garam gula jika perlu. Tambahkan air hingga cukup untuk memasak 1kg beras
6. Beras yang telah dicuci dimasukan ke dalam air rebusan ayam. masak sampai air habis.
7. Kukus beras yang telah di masak tadi sampai matang. kira-kira 30 menit
8. Sajikan dengan ayam, acar, dan emping.

No comments:

Post a Comment